Abstrack
Class
Sebuah class
yang tidak bisa di-instansiasi (tidak
bisa dibuat menjadi objek) dan berperan sebagai ‘kerangka dasar’ bagi class turunannya.
Di dalam abstrack class umumnya akan memiliki abstrack method .
Cara Membuat Abstract Class
Karena kita ingin membuat class komputer sebagai abstract class,
maka berikut adalah cara penulisannya di dalam PHP:
<?php
abstrack
class komputer {
//
isi dari class komputer
}
?>
Untuk membuat abstract class di dalam PHP, kita tinggal menambahkan keyword
abstract sebelum nama class. Sebuah abstract class bisa memiliki property
dan method biasa layaknya sebuah class ‘normal’, namun juga bisa
memiliki abstract method.
Package
Sebuah kontainer atau
kemasan yang dapat digunakan untuk mengelompokkan kelas-kelas sehingga
memungkinkan beberapa kelas yang bernama sama disimpan dalam package yang
berbeda. Sebuah package dapat digunakan oleh package yang lain ataupun kelas-kelas
diluar package.
Casting
Object
Casting pada
java berarti mengambil objek dari satu jenis tertentu lalu mengubahnya menjadi
jenis objek yang lain. Objek yang dimaksud adalah tipe data yang nantinya akan
diubah ke dalam tipe data lain misalkan tipe data integer menjadi string.
Overloading
Sebuah method
yang mendefinisikan dua atau lebih method dalam kelas sama, nama sama,
deklarasi parameter berbeda. Sehingga mempunyai implementasi dan return value yang berbeda pula.
Overriding
Sebuah method
yang menyatakan suatu keadaan dimana method pada subclass menolak pada parent
classnya. Cirinya adalah nama method, parameter, return type harus sama.
Pewarisan Interface
Pewarisan adalah suatu keadaan dimana suatu kelas baru
mewarisi seluruh variabel atau data dan method yang dimiliki oleh kelas yang
menjadi induknya (parents). Suatu kelas bisa dikatakan mewarisi sebuah kelas
lain apabila kelas tersebut memliki semua variabel dan method yang dimiliki
kelas induknya dan dia sendiri mememiliki variabel dan atau method sendiri yang
tidak dimiliki olek kelas induk.
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi
antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima
informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user)
untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu
solusi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar