Selasa, 03 Mei 2016

Pengertian Abstrack Class, Package, Casting Object, Overloading, Overriding, Pewarisan Interface



Abstrack Class
          Sebuah class yang tidak bisa di-instansiasi (tidak bisa dibuat menjadi objek) dan berperan sebagai ‘kerangka dasar’ bagi class turunannya. Di dalam abstrack class umumnya akan memiliki abstrack method .
Cara Membuat Abstract Class
Karena kita ingin membuat class komputer sebagai abstract class, maka berikut adalah cara penulisannya di dalam PHP:

            <?php
                        abstrack class komputer {
                                    // isi dari class komputer
                        }
            ?>


Untuk membuat abstract class di dalam PHP, kita tinggal menambahkan keyword abstract sebelum nama class. Sebuah abstract class bisa memiliki property dan method biasa layaknya sebuah class ‘normal’, namun juga bisa memiliki abstract method.

Package
Sebuah kontainer atau kemasan yang dapat digunakan untuk mengelompokkan kelas-kelas sehingga memungkinkan beberapa kelas yang bernama sama disimpan dalam package yang berbeda. Sebuah package dapat digunakan oleh package yang lain ataupun kelas-kelas diluar package.

Casting Object
          Casting pada java berarti mengambil objek dari satu jenis tertentu lalu mengubahnya menjadi jenis objek yang lain. Objek yang dimaksud adalah tipe data yang nantinya akan diubah ke dalam tipe data lain misalkan tipe data integer menjadi string.

Overloading
          Sebuah method yang mendefinisikan dua atau lebih method dalam kelas sama, nama sama, deklarasi parameter berbeda. Sehingga mempunyai implementasi dan return value yang berbeda pula.

Overriding
          Sebuah method yang menyatakan suatu keadaan dimana method pada subclass menolak pada parent classnya. Cirinya adalah nama method, parameter, return type harus sama.

Pewarisan Interface
Pewarisan adalah suatu keadaan dimana suatu kelas baru mewarisi seluruh variabel atau data dan method yang dimiliki oleh kelas yang menjadi induknya (parents). Suatu kelas bisa dikatakan mewarisi sebuah kelas lain apabila kelas tersebut memliki semua variabel dan method yang dimiliki kelas induknya dan dia sendiri mememiliki variabel dan atau method sendiri yang tidak dimiliki olek kelas induk.
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar