Sabtu, 08 Agustus 2015



Perangkat Lunak

Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya.

Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRA.

Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7.

Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.

Perangkat Lunak Real Time
Perangkat Lunak Real Time adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur/menganalisis atau mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya dalam rentang waktu yang tetap melalui jangkauan 1 milidetik sampai 1 menit.

Contohnya : Mesin ATM (Automatic Teller Machine) bank, sistem informasi saham, pemesanan tiket pesawat terbang, beberapa mobil berteknologi EFI.

Embedded Software
Embedded Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu produk dan sistem dimana perangkat lunak tersebut disimpan. Biasanya ditempatkan di ROM.

Contohnya : Tombol di Microwave Oven

Perangkat Lunak Komputer Personal
Perangkat Lunak Komputer Personal adalah aplikasi yang digunakan oleh satu orang saja atau perorangan.

Contohnya : pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain.

Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan
Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan adalah aplikasi yang dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan.

Contohnyagame, expert sistem, neural network, dan lain-lain.



Ruang Lingkup Perangkat Lunak

Lingkup Perangkat Lunak dapat digambarkan sebagai berikut :


  • Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  • Software design mencakup proses penentuan arsitektur, komponen, antarmuka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  • Software construction berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan. 
  • Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  • Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  • Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  • Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  • Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
  • Software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi,pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
  • Software quality menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar